Cara Menyembuhkan Sakit Lambung Kronis

Cara menyembuhkan sakit lambung kronis penyakit lambung mengobati asam lambung dengan cepat ramuan herbal untuk maag, dan makanan penyebab sakit lambung

Jumat, 08 Februari 2019

Makanan dan Minuman Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan dan Minuman Untuk Penderita Asam Lambung - Dalam terminologi kedokteran sakit maag di kenal dengan peradangan atau gastritis yang terjadi pada lambung akibat asam lambung tinggi , hal ini biasa di sebut dengan asam lambung naik ( GERD ). Gangguan pada otot esofagus dan produksi dari asam di lambung yang tinggi akan mengakibatkan naiknya asam menuju esofagus atau kerongkongan. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri di ulu hati dan rasa sensasi seperti terbakar pada bagian dada. 

Makanan menjadi factor penting penderita merasa sakit yang amat sangat saat gejala gejala asam lambung ini terjadi. Beberapa type makanan seperti coklat dan minuman bersoda mampu mempercepat naiknya asam lambung.

Untuk gaya dan pola makan bagi penderita asam lambung harus selektif, di karenakan salahnya memilih menu makan akan mengakibatkan gejala gejala timbul kembali.

Berikut beberpa makanan yang harus di hindari oleh pemderita asam lambung


1. Makanan yang Banyak Mengandung Gas:

Makanan dan buah yang mampu memicu lebihnya produksi gas dalam organ pencernaan adalah  : pisang ambon , nangka , sawi , lemak hewani , dan beberapa buah buahan yang di keringkan juga minuman bersoda tentunya.

2. Makanan yang Merangsang Keluarnya Asam Lambung:

Minuman ber alkohol dan beberapa sari buah di percaya sangat tidak di rekomendasikan  bagi penderita maag dan asam lambung. Karena rangsangan yang tinggi naik nya asam lambung.

3. Makanan yang Sulit Dicerna Membuat Pengosongan Lambung Lebih Lambat

Apabila penderita menahan lapar dalam waktu lama, akan membuat kinerja lambung semakin berat, hal ini akan membuat gas semakin banyak dan hal uang paling di khawatirkan adalah semakin memperburuk keadaan lambung ( maag )kinerja lambung akan semakin ekstra dikala penderita mengkonsumsi makanan yang sulit di cerna oleh lambung.

4. Makanan yang Dapat Merusak Dinding Lambung:

Makanan yang mengandung cuka , merica , dan bersifat asam sangat tidak bagus untuk lambung , makanan ini akan mempercepat pengikisan pada dinding lambung, dan wajib di hindari bagi penderita terutama pada masa pemulihan.
Makanan untuk penderita asam lambung

Recomendasi makanan penderita maag, GERD dan radang lambung


Para penderita maag, GERD dan radang lambung disarankan untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti kentang, pisang, brokoli, kol, dan bubur.

1. Kentang

Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

2. Pisang Masak

Mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

3. Brokoli

Merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.

4. Bubur Ayam

Bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.

5. Lidah Buaya

Bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

6. Kol

Meski banyak dijauhi karena mengandung gas, banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut Dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan. Mengenai konsumsi kol ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

7. Permen Karet (bukan utk dimakan)

Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung.

Obat maag, GERD dan radang lambung



Fokus Lambung

About Bams

Bams - Seorang jomblo akut yang tak kenal lelah sharing artikel kesehatan dan menjual DalimoGold herbal dari Ekstrak buah delima dan teripang emas. kaya akan serat , nutrisi , multivitamin dan multikhasiat.

0 Komentar Makanan dan Minuman Untuk Penderita Asam Lambung

Posting Komentar

Back To Top